Thursday, July 19, 2007

Perguruan Bina Mulia

Malaysia Studi Banding ke Perguruan Bina Mulia
*Sukses Raih Sekolah Swasta Terbaik

Perguruan Bina Mulia mendapatkan kepercayaan sebagai sekolah swasta di Kalimantan Barat yang dijadikan objek studi banding Malaysia. Kedatangan rombongan Malaysia, Rabu (18/7) ke perguruan yang berlokasi di Jalan A Rahman Saleh ini dipimpin Dr H Julaihi Bin H Bujang, Timbalan Pengarah Pelajaran, Jabatan Pelajaran Serawak.
Rombongan berjumlah 27 orang terdiri dari pejabat yang membidangi bagian pendidikan, para kepala sekolah dan guru. Didampingi para pejabat dari Diknas Kota Pontianak yang dipimpin Wahab Kabid pendidikan dasar Kota Pontianak.
Kedatangan rombongan studi banding ini disambut pihak perguruan Bina Mulia antaralain Ilham Sanusi (penasehat yayasan), Soewito Limin (ketua umum yayasan Bina Mulia), Sri Dwi L, Ir Andreas Acui Simanjaya (pengurus harian yayasan), Joni SPd (kepala sekolah), Sukriswanto (wakil kepala sekolah) dan guru-guru Bina Mulia.
Para tamu negeri jiran itu diterima di ruang Bioskop Mini Bina Mulia dan di sungguhi berbagai makanan khas Kalbar antara lain lidah buaya dan keladi goreng. Ilham Sanusi dengan bangga menjelaskan satu persatu penganan khas Kalbar ini dan khasiatnya disela senda gurau yang memancing tawa para tamu.
Siswa Bina Mulia Vion Vinata menyajikan beberapa pantun untuk menyambut kedatangan rombongan dan Emmanuela membawakan lagu melayu “Ae’ Kapuas”. Pantun ini mendapatkan apresiasi dari para tamu. Terbukti, teks pantun tersebut diminta rombongan sebagai ‘oleh-oleh’. Dr Julaihi menyampaikan sebuah pantun balasan, suasana bangsa serumpun yang kental dengan budaya Melayu itupun terbangun.
Setelah ramah tamah, rombongan diajak berkeliling ke seluruh lokal sekolah untuk melihat langsung pola pengajaran di kelas. Juga meninjau berbagai fasilitas antara lain lapangan basket dan bulutangkis indoor yang terletak di lantai 6 gedung sekolah Bina Mulia.
Peninjauan dilanjutkan ke laboratorium komputer dan perpustakaan.
Para tamu begitu terkesan dengan penataan ruangan kelas yang rapi dan sejuk karena aliran udaranya bebas dan segar. WC juga tidak luput dari kunjungan para tamu karena sistem penataan kamar kecil ini dirancang dengan baik, maka tidak ada bau tak nyaman.
Ilham Sanusi, penasehat yayasan menyampaikan keberhasilan sekolah Bina Mulia sebagai sekolah swasta yang selalu mendapatkan juara I dalam hasil Ujian Nasional (UN) di Kalimantan Barat dengan kelulusan 100%. Prestasi ini merupakan hasil penerapan sistem pengelolaan lembaga pendidikan Bina Mulia yang baik sehingga tidak tergantung pada satu atau dua orang saja. Sistim ini akan mengantarkan keberhasilan jangka panjang dalam sebuah intitusi pendidikan yang baik.
Dr Julaihi selaku pimpinan rombongan menjelaskan selain studi banding untuk meninjau sekolah terbaik di Kalimantan Barat, kegiatan utama rombongan ke Kalbar untuk mengikuti Pekan Olahraga (POR) Perbatasan yang telah diadakan sejak 1982.
Dr Julaihi sangat terkesan dengan perguruan Bina Mulia yang dalam usia relatif muda sudah mampu memiliki unit lengkap dari play group / TK /SD/SMP sampai SMA dan juga selalu menghasilkan juara I dalam hasil UN untuk sekolah swasta. Disamping itu, rombongan juga menyatakan kagum atas suasana ruang belajar yang nyaman dan bersih serta sikap mental murid yang tertib. Hal ini dilihat dari indikasi tidak adanya grafiti atau coretan di dinding sekolah maupun di bangku kelas.
Bina Mulia sebagai sebuah institusi penyelenggara pendidikan formal di Kalimantan Barat memang selalu menunjukan prestasi yang berkontribusi bagi kemajuan dunia pendidikan di Kalimantan Barat. Semua ini buah dari tekad dan kerja keras seluruh pengelolanya.
Sebagaimana diketahui, untuk kelulusan SMP tahun ini mencapai 100% dan merupakan sekolah swasta dengan nilai ujian akhir tertinggi. Beberapa siswanya juga meraih nilai 10 untuk pelajaran yang diujikan dalam UN. SMP Bina Mulia selama dua tahun ajaran berturut-turut lulus 100% diikuti keberhasilan SMP Bina Mulia meraih posisi sebagai Juara I SMP Swasta untuk nilai UN yang juga telah di raih selama 2 tahun berurut-turut.
Sekolah yang di kenal dengan keunggulan 3 plus—menekankan pada kemampuan siswa menguasai Bahasa Indonesia, Inggris dan Tionghoa.
Semua lulusan Bina Mulia bisa melanjutkan studi atau berkarir ke seluruh dunia karena tidak ada lagi hambatan dalam berkomunikasi baik dari segi verbal maupun tertulis. Selama ini Perguruan Bina Mulia juga telah di kunjungi berbagai institusi dari luar negeri ini untuk studi banding antara lain dari Australia, Malaysia, Nan Yang Singapura, dan Taiwan.

No comments: